Home > Tugas > Konflikk…

Konflikk…

Organisasi adalah suatu kumpulan dari beberapa orang yg mempunyai tujuan tertentu. Dalam berorganisasi rasa kebersamaan dan kerja sama yg baik mutlak diperlukan. Tak bisa dan tak akan bisa bekerja sendiri – sendiri, semua harus dilakukan bersama – sama.

Banyak konflik dan masalah yg aku hadapi. Semua berawal saat anggota satu dengan yg lain mulai tak sehati, mulai merasa bahwa dirinya adalah yg paling penting dan semua perkataan dan perintahnya harus dilakukan, atau yg lebih parah lagi sudah tak ada niat lagi untuk mengurusi organisasi. Permasalahan seperti itu kelihatan sepele tapi jika dibiarkan akan berakibat fatal bagi organisasi. Bisa – bisa lama – lama bubar.

Menurutku, sudah biasa jika dalam berorganisasi banyak ditemui masalah – masalah. Karena itu kita ada untuk menyelesaikan masalah tsb. Dalam prosesnya, kebersamaan dan kerja sama yg baik menjadi faktor utama yg mendorong keberhasilan. Di sisi lain tanggung jawab juga menentukan, ngga’ kok saling lempar tanggung jawab seperti lempar – lemparan bola api.

Yg aku rasakan, konflik dalam berorganisasi yg paling fatal adalah hilangnya rasa kebersamaan dan tak ada niat lagi untuk melanjutkan berorganisasi. Bagiku, saat semua anggota berkumpul membahas sesuatu dan disitu terjadi perdebatan sengit itu adalah biasa. Perbedaan pikiran dan pendapat adalah wajar, bukannya malah menimbulkan permusuhan. Profesional aja pokoknya. Justru dari perbedaan – perbedaan itu akan menghasilkan suatu statement yg perfect. Perbedaan harus dihormati dan dihargai dengan rasa kebersamaan. Dan lunturnya niat untuk berorganisasi, jika tak dihilangkan maka sudah tak bisa diharapkan lagi organisasi akan berlanjut. Niat dengan sungguh – sungguh itu penting dan harus ada, serta komitmen untuk mempertahankan niat tersebut akan menjadi kunci semangat untuk terus berlanjutnya organisasi.

Kadang berorganisasi terasa menyenangkan, kadang juga merasa seperti tak bermanfaat. Terasa menyenangkan jika sesama anggota memiliki rasa kebersamaan, dan akan terasa seperti tak bermanfaan jika tak ada niat untuk berorganisasi.

Categories: Tugas
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: